Warung Internet
Jln. Raya Bayah - Cikotok Lebak Banten

Menampilkan Data Terhiden Virus

Pernahkan suatu ketika kita melihat file yang berada di media penyimpanan baik itu berupa Flashdisk atau hardisk tiba-tiba isi dari media tersebut hilang dan volume menunjukan 0(nol)byte. jika iya, tidak usah khawatir dan jgn terburu memformat media tersebut,sebenarnya kasus ini sudah lama ada, akan tetapi masih sering diulang oleh virus2 baru saat ini. Rupanya Hobi virus untukmenyembunyikan file dan folder masih saja digunakan.Diartikel kali ini akan dibahas bagaimana cara menampilkan kembali file yang disembunyikan virus, akan tetapi perlu ditekankan lagi bahwa file atau folder yang dapat di kembalikan adalah file yang benar2 disembunyikan virus, bukan file yang sudah terhapus.
OK…langsung saja kita mulai langkah pertama adalah siapkan media yang terinfeksi tersebut.
1. Jika media yang di perbaiki adalah FD tancapkan dulu ke PC.

2. Buka Start ->> Run , lalu ketikkan CMD, maka akan muncul commad prompt.


3. Pada pertama kali tampilan cmd akan tampak seperti gambar diatas. 4.Arahkan lokasi comment prompt ke drive/folder yang file-file nya terhidden karena virus.

5. Misalnya korban virus kali ini adalah drive F, maka tinggal ketik f: lalu tekan enter.


6. Sekarang ketikkan sintak ini : attrib –s –h *.* /s /d lalu enter.


7. Untuk beberapa saat comment prompt akan terhenti, ini berarti . system sedang mengembalikan file yang tersembunyi tersebut.

8. Tunggu sampai muncul kembali tampilan drive F:\> ini berartiproses sudah selesai

9. Setelah itu cek isi FlashDisk tersebut, bisa dengan langsung mengetikan perintah di cmd yaitu : dir atau cek di explorer Sekarang semua file yang terhidden sudah kembali lagi. Jika terdapat file atau folder yang belum muncul maka kemungkinan sudah terhapus oleh virus tersebut.
Rate This
Quantcast


atau


Mungkin sebagian orang sudah tahu tips ini, tapi bagi orang awam yang belum tahu mudah-mudahan ini bermanfaat. Kalian tahukan musuh kita dikomputer PC atau Laptop? Yap betul sekali! Virus!!! Program yang dirancang untuk merusak komputer ini baik software maupun hardware memang sangat menjengkelkan, apalagi jika virus menempel pada komputer kita gak terdeteksi sama antivirus. Duuuh… kacau !!!. Mangkannya update Antivirusnya bias nyaho!. Namun terkadang virus yang sudah terdeteksi masih menimbulkan masalah lagi, apa masalahnya? Ya! Semua isi file kita hilang. Wah gawat nih!!!, Don’t panic boys. Ada cara untuk mengembalikan file yang hilang. Sebenarnya file yang hilang tadi bukan hilang atau terhapus, tapi dihidden atau disembunyikan. Berikut tipsnya :
Coba show semua file yang dihidden, dengan mengaktipkan folder option pada windows explorer anda. Caranya klik
Tools>Filder Option>View kemudian pilih option Show hidden files and folders, hilangkan juga centang pada chek box Hide extensions for know file types dan Hide protected operation system file ( tapi ini disarankan untuk di hide ). Selanjutnya lihat apakah file anda yang terhidden ada?

Bagaimana cara mengembalikannya supaya file yang terhidden kembali normal? Ini dia tipsnya :
- Yang anda butuhkan hanyalah tehnik, buka Command Prompt anda kemudian ketik help path folder anda misalkan G: kemudian tekan Enter.

Klik baca detail…

Setelah itu ketikan help attrib maka akan muncul atribute file yang harus kita ketik


Kemudian ketik : Attrib -R -A -S -H /S /D tekan Enter dan tunggu sampai proses pengembalin file selesai, lihat file anda sekarang muncul lagi bukan?.

Note : Tanda ( – ) artinya untuk mengembalikan file yang terhiden, sebaliknya tanda ( + ) untuk menyembunyikan file.
Ini saja tips yang saya sajikan, semoga bermanfaat.

1 komentar:

Komentar tanpa NAMA (nick name) kemungkinan besar tidak akan direspon. Berkomentarlah dengan baik dan sopan demi kenyamanan bersama, komentar yang anda masukan akan sangat berarti untuk saya